Selasa, 11 Agustus 2009

Shih Huang Ti
(259 - 210 SM)
Shih Huang Ti adalah seorang kaisar besar yang memerintah China dari tahu 238 - 210 SM. Shih Huang Ti dilahirkan pada tahun 259 SM dan wafat tahun 210 SM. Pada masa pemerintahannya, ia berhasil menyatukan China dengan kekuatan senjata dan meletakkan dasar- dasar bagi berbagai perombakan. Perombakan ini merupakan faktor utama dalam penyatuan budaya China yang masih diterapkan hingga kini.
Shih Huang Ti berhasil melakukan perubahan - perubahan besar untuk China. Berdasar tekad untuk mencegah tercerai berainya China yang telah merusakkankerajaan Chou, ia memutuskan menghapus habis seluruh sistem pemerintahan feodal. Wilayah yang dikuasainya di bagi - baginya dalam 36 provinsi dan setiap provinsinnya diangkat seorang gubernur sipil yang langsung ditunjuk oleh kaisar. Shih Huang Ti mengeluarkan dekrit bahwa gubernur provinsi tidak lagi berdasarkan keturunan. Akibat keputusan ini, terjadilah kebiasaan memindah - mindah guberbur dari satu provinsi ke provinsi lain untuk mencegah kemungkinan timbulnya pejabat daerah yang ambisius dan menyusun basis kekuatan untuk kepentingan diri sendiri. Pemindahan pegawai dari satu daerah ke daerah lain itulah yang disebut mutasi. Selain melakukan mutasi terhadap pejabatnya, dia juga menunjuk pejabat ketiga untuk memelihara keseimbangan antara guberbur sipil dan gubernur militer. Dalam hal pembangunan fisik, dia membangun jalan raya yang panjang dan rapi yang menguhubungkan ibu kota dengan kota - kota provinsi. Jalan raya itu di bangun sedemikian rupa untuk memastikan tentara pusat dapat sampai ke daerah - daerah jika suatu saat terjadi pemberontakan. Shih Huang Ti pun tak lupa mengumumkan aturan bagi aristrokat - aristrokat lama yang masih hidup harus menetap di ibu kota Hsieng dengan maksud supaya mereka dapat dengan mudah diawasi gerak - geriknya.
Akan tetapi, Shih Huang Ti tidaklah puas hanya sampai urusan persatuan politik dan militer saja, dia juga berusaha menggalang kesatuan ekonominya. Dia menentukan aturan untuk berat timbangan dan panjang suatu barang. Dia menetapkan standar mata uang, macam - macam peralatan, lebar dan pangjang kendaraan, serta mengawasi konstruksi jalan raya dan saluran -saluran air. Dia juga menetapkan sistem hukum yang seragam untuk seluruh China beserta standar bahasa tulisan.
Politik luar negeri yang diterapkan oleh Shih Huang Ti juga sama keras kuatnya. Dia melakukan penaklukan besar - bsaran di bagian Selatan China, dan daerah - daerah yang ditaklukan dimasukkan kedalam wilayah China. Begitu juga di utara dan barat, pasukannnya berhasil melakukan penaklukan. Meskipun Shih Huang Ti berhasil menguasai daerah - daerah di sekitar wilayah China, namun dia tidak mampu menundukkan penduduknya secara permanen.Kondisi tersebut memunculkan kekhawatiran akan adanya peperanganterhadap China. Untuk mencegah jangan sampai China diserang, Shih Huang Ti menghubungkan berbagai benteng daerah yang memang sudah ada di perbatasan China utara sehingga menjadi jalur tembok raksasa. Tembok Besar China tersebut hingga kini masih utuh bahkan menjadi salah satu keajaiban dunia dan merupakan daya tarik wisata bagi turis mancanegara.
Sekilas tentang Shih Huang Ti tersebut dapat di cermati bahwa ia adalah seorang tokoh popular yang memiliki keyakinan dan kemantapan menuju masa depan, khususnya masa depan China di era sebelum masehi. Berbagai perubahan yang dilakukannya dengan berani meskipun harus melawan budaya lama, mampu membuat orang China merasa gembira karena pemerintahan Tirani telah berakhir di China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar