Selasa, 11 Agustus 2009

- Berdirinya Dyansty Qin


Setelah mendirikan Dynasty Qin, Yin Zheng mengganti panggilannya menjadi Qin Shi Huang. Di bantu oleh Li Si, kaisar pertama yang memerintah dengan tangan besi, ia mulai membenahi dan menyusun sistem pemerintahan dengan menggenggam kekuasaan mutlak di tangannya.


Pekerjaan lain yang harus segera diselesaikan adalah bidang ekonomi yang porak poranda akibat perang, penyamaan satuan ukuran, mata uang dan bentuk aksara yang berbeda - beda di antara negara - negara yang ditaklukkan.
Karya lain yang sangat spektakuler dari Qin Shi Huang selama kepemimpinannya adalah tembok raksasa yang panjangnya mencapai 5000 km dan istana Epang di Shang Lin yang melibatkan ratusan ribu pekerja untuk menyelesaikannya. Didalam makamnya di gunung Lisan, terdapat 700 ribu patung yang terbuat dari tanah liat
Banyak orang yang menghembuskan napas terakhir dlm kerja paksa untuk menyelesaikan proyek - proyek raksasa tersebut. Salah satu kisah terkenal adalah tentang ratapan Meng Jiangnu. Ia baru saja menikah, namun sang suami, seorang pelajar, di bawa paksa untuk bekerja di tembok raksasa. Karena suaminya sudah lama tidak pulang, Meng Jiangnu menyusul ke tembok raksasa untuk mencarinya. Namun, ia tidak berhasil menemukan suaminya dan ia pun menangis. Ratapan kesedihannya sampai merobohkan sebuah pojok tembok raksasa tersebut. Dari reruntuhan tembok itu berserakan tulang belulang ribuan korban kerja paksa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar